Thursday, February 7, 2019

STP dan 4P tentang Produk KFC



 STP (SEGMENTING ,TARGETING, POSITIONING)





1.      Segmentasi
Demografi segmentasi, KFC menawarkan produk berbeda seperti Happy Meal yang memberikan mainan gratis kepada anak-anak. KFC telah membuat lingkungan yang cocok bagi siswa sekolah untuk bergaul dengan teman-temannya dan bisa mendapatkan makan siang mereka di KFC
Psychographic segmentation, dengan adanya KFC kini konsumen bisa menikmati makan dengan suasana dan kenyamanan yang berbeda sehingga mampu mengubah gaya hidup konsumen menjadi pribadi yang berkelompok dan bisa mengubah kelas social mereka
2.      Targeting
Pria dan wanita, anak-anak, mahasiswa dan keluarga. Mereka juga membuat KFC sebagai tempat bersantai dan bahkan hiburan
3.      Positioning
KFC telah diarahkan sebagai restoran keluarga. Dimulai diposisi anak-anak dengan memperkenalkan iklan baru mainan dengan produk Happy Meal. Kini anak muda dan dewasa telah menerima kehadiran kfc sehingga KFC memposisikan sebagai tempat untuk segala usia
STP ini secara singkat adalah membagi2 masyarakat kemudian memilih target market yang dianggap menguntungkan lalu membangun persepsi di benak pikiran para target market ini sesuai dengan yang diinginkan.

4 unsur marketing mix (Marketing Mix-4p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place. Marketing Mix dari KFC yaitu sebagai berikut:
PRODUCT
1.      Strategy Product Marketing Mix dari KFC:

·         Variasi produk hingga 65 jenis

·         Menu bisa untuk 1 atau 2 orang, bahkan untuk 3-4orang

·         Gaya hidup keluarga

·         Menu sangat bervariasi sehingga konsumen tidak akan bosan

·         Makanan, minuman, cemilan

·         Paket untuk perayaan Ultah

·         Paket anak (happy meals)

·         Paket hemat (kentang, soup, gocengan)

·         Makan pagi

·         Menu baru yang beragam

·         Fasilitas, wifi, dll

PRICE
2.      Strategy Price Marketing Mix dari KFC:

·         Harga awal untuk kalangan atas namun seiring dgn permintaan pasar lama kelamaan harga ditargetkan untuk kalangan muda/menengah hingga atas

·         Target harga fokus pada society

·         Demografis terbesar untuk kalangan muda

·         Ukuran harga rumah tangga

·         Harga merupakan kombinasi rasa, kualitas dan kelas

·         Range harga 5k-ratusan ribu

·         Banyak penawaran harga menarik (promo)
PLACE
3.      Strategy Place Marketing Mix dari KFC:

·         Sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia

·         Lokasi terjangkau dan mudah ditemukan

·         Outletnya banyak berada di mall dan tempat ramai lainnya

·         Tempatnya nyaman, luas dan memiliki fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung

PROMOTION
4.      Strategy Promotion Marketing Mix dari KFC:

·         Penyebaran iklan yang banyak bisa melalui internet, tv, media sosial, radio, billboard, borsur

·         Terdapat kupn gratis yang bisa ditemukan melalui majalah maupun medsos

·         Sponsor pada event tertentu

·         Premi, pameran, kupon, hiburan

·         Memiliki official website yang mudah diakses

Deskripsi advertisement KFC

Ada segerombolan mahasiswa sedang berkumpul dan berbincang-bincang. Salah satu dari mereka lapar dan mengajak teman-temannya untuk membeli makanan. Namun, makanan yang mereka inginkan itu yang enak, praktis, dan tentunya murah harganya. Dengan uang yang mereka miliki, mereka ingin membeli beberapa makanan dengan satu harga. Akhirnya mereka membeli makanan KFC paket jumbo yang bisa dimakan bersama-sama tentunya sudah dilengkapi dengan paket minuman didalamnya. Setelah datangnya paket yang mereka beli membuat mereka menjadi puas akan apa yang mereka beli yang pastinya KFC paket jumbo. Dan mereka menikmati makanan itu bersama-sama dengan suasana yang menyenangkan.
·        What we need to say
Keseimbangan antara kepuasan dan hemat biaya.
·        Tonality
Efisien, praktis
·        Brand Idea
Makanan dan minuman sangat hemat dan mengenyangkan
·        Brand Personification
Bila KFC adalah hewan unggas, dia adalah seekor ayam super bukan ayam kampung. Dalam perbandingan lain adalah ayam bukan bebek.
·        Mandatory
Dengan logo gambar bapak separu baya, dan didominasi oleh warna merah dan putih sebagai symbol dari keberanian, kekuatan, kesucian, dan kemenawanan. Dengan makna tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai tujuan di masa depan, haruslah memiliki keberanian dan kekuatan, setelah mengkonsumsi KFC.
·        Advertising Requirement
TV Commercial, Instagram, facebook, youtube, dan brosur.
·        Event Promotion
Banyak yang menyebut KFC sebagai raja dari makanan siap saji, karena banyaknya promo kfc yang hadir membuat masyarakat ataupun penggemar kfc semakin dimajakan dengan adanya promo-promo yang dihadirkan oleh kfc. Promo KFC ini perlu dipertahankan untuk menghadapi persaingan fast food yang semakin ketat ini. Semua orang dari berbagai kalangan pasti tau mengenai KFC. KFC sendiri telah berdiri lama dengan penuh pengalaman dan rasa yang khas, sehingga membuat KFC masih bertahan hingga saat ini. Tak hanya memberikan harga promo, kfc juga memberikan beberapa undian berhadiah disetiap pembelian untuk menu tertentu.

Kesimpulan
Dari analisa singkat terhadap STP dan 4P terhadap KFC produk makanan siap saji, dapat kita ketahui bahwa KFC telah menguasai pangsa pasar makanan cepat saji di Indonesia lebih dari 50%. KFC cenderung lebih unggul dibandingkan dengan merk sejenis pada unsur kualitas, dan rasa produk.
·        Unsur tekstur yang lebih crunchy dan lebih besar porsinya.
·        Terdapat fasilitas Home Delivery
·        Fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera konsumen yang terus berubah.
·        Selalu memberikan banyak pilihan paket yang sangat menarik untuk konsumen.







2 comments:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    ReplyDelete
  2. Online Casino Baccarat | Best Real Money Bonus in US
    The best Baccarat 메리트 카지노 주소 online casino for real 샌즈카지노 money. 바카라 사이트 Top US Casinos, Casinos, & Real Money Bonuses · Casumo – Play Blackjack.

    ReplyDelete